EFEKTIFITAS PENERAPAN PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0
Main Author: | Nurjannah, |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/37297/ http://semnasfis.unimed.ac.id/wp-content/uploads/2019/11/11.-Nurjannah.pdf |
Daftar Isi:
- Kajian ini mendalami tentang efektifitas penerapan pembelajaran Blended learning di era revolusi industri 4.0.Pembelajaran campuran (blended learning) adalah program pendidikan formal yang memungkinkan peserta didik belajar secara tatap muka dan melalui konten dan petunjuk yang disampaikan secara daring dengan kendali mandiri terhadap waktu, tempat, urutan, maupun kecepatan belajar.Saat ini, pembelajaran blended learning menjadi arah pembelajaran di perguruan tinggi. Hal ini ditunjukkan dengan adanya elearning pembelajaran yang dimiliki oleh masing-masing perguruan tinggi, seperti Sistem Informasi Pembelajaran dalam Jaringan (SIPDA) di Universitas Negeri Medan. Penerapan model pembelajaran ini dianggap efektif digunakan pada era revolusi industri 4.0 karena sarat dengan penggunaan dan penguasaan internet. Proses pembelajaran menjadi lebih fleksibel dan memberikan kemudahan baik untuk dosen maupun mahasiswa. Hal ini diharapkan adanya peningkatan perubahan arah pendidikan masa depan dengan melakukan inovasi pembelajaran. Inovasi dalam proses pembelajaran menjadi penting dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 agar pendidikan di Indonesia semakin menghasilkan sumber daya manusia yang maju, kapabel, berdaya saing global, dan berkarakter.