OPINI BELER (OPTIMALISASI KOMPETENSI BLENDED LEARNING) UNTUK GURU DALAM MENGHADAPI TANTANGAN DAN PELUANG ERA REVOLUSI 4.0

Main Author: Sidiq, Ricu
Format: Proceeding PeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/37289/
http://semnasfis.unimed.ac.id/wp-content/uploads/2019/11/03.-Ricu-Sidiq.pdf
Daftar Isi:
  • Making Indonesia 4.0, adalah langkah serius bagi Indonesia untuk menjadi negara yang beradaptasi dan menuju negara yang kuat secara ekonomi. Indonesia semakin aktif dalam membentuk generasi milenial yang kompetitif dan produktif sepanjang era 4.0 Industri. Revolusi Industri 4.0 telah membawa perubahan dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Salah satunya adalah sistem pendidikan. Blanded Learning hadir sebagai dampak kemajuan dan berlangsungnya Revolusi Industri Abad 21. Pembelajaran campuran atau Blended Learning merupakan sebuah strategi belajar mengajar dengan cara memadukan pembelajaran berbasis kelas/tatap muka dengan pembelajaran berbasis teknologi dan informasi yang dilakukan secaran daring (online). Masalahnya adalah, komponen pendidikan apa yang terpengaruh, dan bagaimana merespon implikasi ini. Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan perubahan yang telah terjadi di era revolusi 4.0 dan dampaknya terhadap dunia pendidikan, terutama bagi guru dalam sistem pembelajaran campuran. Jenis penelitian ini adalah kajian kepustakaan. Artikel ini menunjukkan bahwa perkembangan pendidikan yang dinamis sesuai dengan zaman yang membutuhkan adaptasi yang sempurna untuk mencapai tujuan. Mengubah keterampilan konvensional ke keterampilan modern memang tidak mudah. Guru haruslah menambah kecepatan adaptasi yang profesional dalam dunia pendidikan. Guru profesional adalah guru yang kompeten dalam membangun dan mengembangkan proses pembelajaran yang baik dan efektif sehingga dapat menghasilkan siswa yang pintar dan pendidikan yang berkualitas.