Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : (1) perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Model Eliciting Activities dengan pembelajaran langsung, (2) interaksi antara model pembelajaran (pembelajaran Model Eliciting Activities dan Pembelajaran Langsung) dengan gender (laki-laki dan perempuan) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. (3) perbedaan dipsosisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Model Eliciting Activities dengan pembelajaran langsung, (4) interaksi antara model pembelajaran (pembelajaran Model Eliciting Activities dan Pembelajaran Langsung) dengan gender (laki-laki dan perempuan) terhadap disposisi matematis siswa. Jenis penelitian ini quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP IT Nurul Fadhilah Deliserdang. Analisis data menggunakan Anava dua jalur. Hasil penelitiaan menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Model Eliciting Activities dengan siswa yang memperoleh pembelajaran langsung, (2) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran (pembelajaran Model Eliciting Activities dan Pembelajaran Langsung) dengan gender (laki-laki dan perempuan) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. : (3) terdapat perbedaan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Model Eliciting Activities dengan siswa yang memperoleh pembelajaran langsung, (4) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran (pembelajaran Model Eliciting Activities dan Pembelajaran Langsung) dengan gender (laki-laki dan perempuan) terhadap disposisi matematis siswa.