PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF DAN SELF CONFIDENCE ANTARA MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DAN DISCOVERY LEARNING DITINJAU DARI GENDER
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan kemampuan berpikir reflektif matematis dan Self Confidence siswa antara siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Creative Problem Solving dan model pembelajaran Discovery Learning jika ditinjau dari gender. Analisis data hasil penelitian menggunakan Anava dua jalur untuk melihat pengaruh Gender dan Model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis siswa dan Self Confidence siswa. Setelah ditemukan pengaruh Gender dan Model pembelajaran, dilakukan uji lanjut pasca Anava menggunakan metode Scheffe’. Hasil yang diperoleh antara lain sebagai berikut: Terdapat pengaruh Gender terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis siswa dan Self Confidence siswa, terdapat pengaruh Model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis siswa dan Self Confidence siswa, tidak terdapat interaksi antara Gender dan Model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis siswa dan Self Confidence siswa. Dengan uji lanjut pasca Anava dengan metode Scheffe’, diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir reflektif matematis antara model Creative Problem Solving dengan model Discovery Learning. Siswa lelaki memiliki kemampuan berpikir reflektif matematis yang lebih baik dari siswa perempuan dan model pembelajaran Discovery Learning memberikan hasil kemampuan berpikir reflektif matematis yang lebih baik dari pada model Creative Problem Solving. Hasil lain dengan uji lanjut pasca Anava dengan metode Scheffe’, diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan Self Confidence antara model Creative Problem Solving dengan model Discovery Learning. Siswa perempuan memiliki Self Confidence yang lebih baik dari siswa lelaki dan model pembelajaran Creative Problem Solving memberikan hasil Self Confidence yang lebih baik dari pada model Discovery Learning.