PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN INTERAKSI SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS V SD NEGERI 040444 KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: hasil belajar PPKn siswa yang diajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi daripada hasil belajar PPKn siswa yang diajar dengan model pembelajaran ekspositori, hasil belajar PPKn siswa yang memiliki interaksi sosial kooperatif lebih tinggi daripada hasil belajar PPKn siswa yang memiliki interaksi sosial kompetitif; dan interaksi antara model pembelajaran inkuiri terbimbing dan interaksi sosial terhadap hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Negeri 040444 Kabanjahe, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V-A sebanyak 35 orang dan siswa kelas V-B sebanyak 35 orang. Instrumen terdiri dari tes hasil belajar berupa tes pilihan ganda dan angket interaksi sosial. Analisis data menggunakan anava dua jalur dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistics 25 dan Excel 2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: hasil belajar PPKn siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing sebesar 82.26 lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar PPKn dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori sebesar 77, hasil belajar siswa yang memiliki interaksi sosial kooperatif memiliki rata-rata sebesar 89.49 dan hasil belajar siswa yang memiliki interaksi sosial kompetitif rata-rata 88.2, dan terdapat interaksi sosial antara model pembelajaran inkuiri terbimbing dan interaksi sosial dalam mempengaruhi hasil belajar PPKn siswa.