PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPS BERBASIS WEB DI SMP SWASTA METHODIS LUBUK PAKAM
Daftar Isi:
- Selama ini keberadaan media sangat membantu guru dan siswa dalam proses belajar mengajar. Bagi guru, media merupakan suatu alat perantara yang digunakan guru untuk menyampaikan materi kepada siswa. Bagi siswa, peran media sangat penting untuk dapat meningkatkan kemampuannya memahami bidang studi IPS. Namun demikian, kenyataan di lapangan dibutuhkan media yang mampu mengikuti abad 21 justru ditemukan adanya permasalahan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Proses pengembangan media pembelajaran IPS berbasis web pada siswa SMP kelas VII; (2) Kelayakan media pembelajaran IPS berbasis; (3) Keefektifan media pembelajaran IPS berbasis web. Metode penelitian yang digunakan untuk penyelesaian permasalahan tersebut adalah penelitian pengembangan dengan penerapan model ADDIE. Tempat pelaksanaan uji coba produk di SMP Methodis Lubuk Pakam dengan jumlah responden untuk uji coba kelompok kecil 20 siswa dan untuk uji coba keefektifan media dilakukan uji kelompok besar web dan non-web masing-masing dengan 30 siswa. Alat atau instrumen pengumpul datanya adalah angket, dokumentasi, dan wawancara. Hasil uji coba kepada siswa menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan telah efektif dan valid berdasarkan aspek bahasa, isi/materi, dan penyaji-an. Berdasarkan Hasil penelitian dan pengembangan ini ditemukan bahwa uji coba kelompok kecil diperoleh terdistribusi normal dengan p (0,200) > α (0,05), pretest hasil belajar mempunyai nilai signifikasi p(2,752) > α (0,05), sementara hasil uji homogenitas posttest diperoleh dari nilai signifikansi p (2,266) > α (0,05). Dengan demikian media IPS yang dikembangkan telah sesuai dengan hakekat ilmu IPS, memenuhi kriteria kebenaran bahasa, dan tersaji dengan sajian yang relevan serta telah layak untuk diproduk dan digunakan untuk siswa dan guru pada proses belajar dan mengajar