Daftar Isi:
  • Pengembangan modul pembelajaran menulis teks cerita pendek berbasis literasi diperoleh berdasarkan analisis kebutuhan siswa dan guru terhadap materi pembelajaran menulis teks cerita pendek. Penelitian yang dilakukan mengacu pada prosedural pengembangan Borg dan Gall yakni kelayakan bahan ajar diperoleh setelah melalui proses validasi oleh ahli materi dan ahli desain. Adapun data perolehan kelayakan bahan ajar tersebut yakni hasil penilaian bahan ajar oleh ahli materi terhadap aspek kelayakan isi dinyatakan “sangat baik” dengan total persentase 89,84%. hasil penilaian bahan ajar oleh ahli materi terhadap aspek kelayakan penyajian dinyatakan “sangat baik” dengan total persentase 89,42%. hasil penilaian bahan ajar oleh ahli materi terhadap aspek kelayakan bahasa dinyatakan “sangat baik” dengan tota persentase 87,5%. hasil penilaian bahan ajar oleh ahli desain pada aspek kelayakan kegrafikaan dinyatakan “sangat baik” dengan total persentase 89,77%. Berdasarkan hasil Pengembangan modul pembelajaran menulis teks cerita pendek berbasis literasi untuk siswa kelas XI SMA Parulian 1 Medan layak digunakan.