Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media flashcard terhadap perkembangan kognitif anak usia 5 – 6 tahun di TK Al – Ihsan Medan Petisah. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Desain dalam penelitian ini adalah post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 20 orang anak dan penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua kelas kelompok yang memiliki karakteristik yang sama yaitu kelas B1 dan kelas B2. Penentuan sampel kelas dilakukan secara acak (random) dengan jumlah sampel kelas B1 sebanyak 10 anak dan kelas B2 sebanyak 10 anak. Variabel bebas adalah kegiatan media flashcard sedangkan variabel terikat adalah perkembangan kognitif. Instrumen pengumpulan data yaitu pedoman observasi. Analisis data menggunakan uji U Mann-Whitney. Dan observasi dilakukan pengobservasi dengan pedoman observasi yang telah disediakan. Dengan taraf nyata α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis data diatas diperoleh rata-rata nilai pada kelas eksperimen 13 dengan kategori (baik sekali ) dengan nilai tertinggi 14 dan nilai terendah 11, sedangkan nilai rata-rata pada kelas kontrol 9,1dengan kategori (cukup baik) dengan nilai tertinggi 11 dan nilai terendah 6. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Perkembangan Kognitif anak yang dibelajarkan dengan menggunakan media flashcard dengan memperoleh Uhitung <Utabel, yaitu 0,5 < 19 pada taraf α = 0,05. Dengan demikian kegiatan media flashcard berpengaruh secara signifikan terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK AL – IHSAN Medan Petisah.