Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mengetahui besar: (1) hubungan antara motivasi belajar dengan keterampilan menggunakan alat ukur kelistrikan, (2) hubungan antara hasil belajar PDTO dengan keterampilan menggunakan alat ukur kelistrikan, (3) hubungan antara motivasi belajar dan hasil belajar PDTO secara bersama-sama dengan keterampilan menggunakan alat ukur kelistrikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian korelasional, memakai instrumen angket model Likert. Jumlah populasi 190 siswa, dengan menggunakan tabel yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael pada taraf kesalahan 5% didapat sampel sebanyak 123 siswa. Hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik korelasi Product Moment, korelasi Parsial dan korelasi Ganda dengan bantuan program SPSS 24. Dari hasil analisis pada N = 123 taraf signifikan 5 %, temuan penelitian menujukan bahwa: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan keterampilan menggunakan alat ukur kelistrikan dengan koefisien korelasi 0,485. (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara hasil belajar PDTO dengan keterampilan menggunakan alat ukur kelistrikan dengan koefisien korelasi 0,544. (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan hasil belajar PDTO secara bersama-sama dengan keterampilan menggunakan alat ukur kelistrikan dengan harga koefisien korelasi ganda R sebesar 0,552. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan hasil belajar PDTO dengan keterampilan menggunakan alat ukur kelistrikan pada siswa kelas XI kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan SMK TI Swasta Budi Agung Medan T.A 2019/2020.