PENGARUH LAYANAN PENGUASAAN KONTEN TERHADAP RESILIENSI BELAJAR MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING FIP UNIVERSITAS NEGERI MEDAN T.A 2019/2020
Daftar Isi:
- Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Layanan Konten terhadap Resiliensi Belajar Mahasiswa BK FIP UNIMED. Resiliensi belajar mahasiswa diukur melalui tujuh dimensi/unsur yang membentuk resiliensi yaitu Regulasi Emosi, Kontrol Implus, Optimisme, Analisis Kausal, Empati, Self-Efficacy, dan Reaching Out. Hasil analisis data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah nilai J hitung=26 dengan α =0,05 dan n = 10 sehingga nilai J tabel adalah 8. Dari data tersebut terlihat bahwa Jhitung > JTabel dimana 26˃8. Data pre-test atau sebelum pemberian layanan penguasaan konten diperoleh rata-rata 85,5 sedangkan data post-test atau setelah pemberian layanan penguasaan konten diperoleh skor ratarata 147,1. Selisih dari skor rata-rata pre-test dan post-test sebesar 61,6. Artinya skor rata-rata mahasiswa setelah mendapat layanan penguasaan konten lebih tinggi dari pada sebelum mendapat layanan penguasaan konten. Berdasarkan hasil analisis data tersebut disimpulkan bahwa layanan penguasaan konten berpengaruh terhadap resiliensi belajar mahasiswa.