Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan teknologi di PAUD Kecamatan Percut Sei Tuan. (2) Menganalisis dampak penggunaan teknologi terhadap kognitif anak usia dini di PAUD Kecamatan Percut Sei Tuan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif. Data yang dianalisis adalah hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Sampel yang diambil dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling. Tahap analisis data yang dilakukan yaitu reduksi data, penggolongan data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pelaksanaan pembelajaran di PAUD Kecamatan Percut Sei Tuan menggunakan teknologi audiovisual seperti komputer dengan aplikasi pembelajaran yang disertai infocus untuk memberikan pengenalan dan cara penggunaannya pada anak. Dengan bantuan infocus dan speaker untuk menampilkan video atau film dan penggunaan aplikasi Ms. Word, dan Power Point yang membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. Berdasarkan keseluruhan indikator X1 memiliki kategori kurang (36,3%) dengan kekurangan pada speaker, CD interaktif dan layar proyektor. X2 memiliki kategori baik (72,7%) kekurangan pada CD interaktif dan layar proyektor. Dan X3 memiliki kategori tidak baik (0 %) kekurangannya dengan teknologi audiovisual yang masih belum digunakan dalam pembelajaran. Teknologi audiovisual berdampak terhadap kognitif anak usia dini di PAUD Kecamatan Percut Sei Tuan, dari keseluruhan indikator X1 kategori kurang pada penggunaan audiovisual memiliki dampak kognitif kategori baik (69,6%). X2 kategori baik pada penggunaan audiovisual memiliki dampak kognitif kategori baik (71,9%). Dan X3 kategori tidak baik pada penggunaan audiovisual memiliki dampak kognitif kategori cukup (59,8%), yang meliputi indikator: mengungkapkan 4 benda berdasarkan fungsinya (50,2%), mengungkapkan 4 perbedaan dari dua buah benda (55%), mengungkapkan sebab akibat dari 4 peristiwa (65,8%), mengungkapkan 4 ciri-ciri benda berdasarkan warna, ukuran, atau bentuk (71%), menyebutkan 4 macam bentuk geometri (73,1%), serta menyebutkan 10 huruf dan 10 angka dengan benda-benda (87,4%).