PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN CAMTASIA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PPKn KELAS VII SMP PGRI-4 MEDAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya perbedaan signifikan hasil belajar PPKn siswa yang diajarkan dengan model quantum teaching menggunakan media pembelajaran camtasia dengan hasil belajar PPKn siswa yang diajarkan dengan model quantum teaching menggunakan media gambar serta membuktikan adanya perbedaan signifikan hasil belajar dengan tingkatan motivasi berbeda. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII SMP PGRI-4 Medan dengan populasi sebanyak 46 siswa. Sampel pada penelitian ini sebanyak 39 siswa dengan menggunakan teknik purposive random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes hasil belajar, angket motivasi siswa, dan lembar observasi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan desain penelitian non equivalent control group design. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa analisis deskriptif dan juga statistik inferensial yakni uji nonparametrik. Hasil dari penelitian ini,yakni: hasil belajar PPKn siswa yang diajarkan menggunakan model quantum teaching dengan media pembelajaran camtasia berbeda signifikan dengan hasil belajar PPKn siswa yang diajarkan dengan menggunakan model quantum teaching dengan media gambar serta terdapat perbedaan hasil belajar PPKn berdasarkan tingkatan motivasi.