PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS ANEKDOT BERBASIS MEME COMIC DENGAN MENGGUNAKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA SISWA KELAS X MAS ISLAMIYAH YPI BATANGKUIS
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan bahan ajar teks anekdot berbasis meme comic dengan menggunakan multimedia interaktif pada siswa kelas X MAS Islamiyah YPI Batangkuis. Bahan ajar yang dikembangkan berbentuk modul digital. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan berdasarkan model pengembangan dari Borg and Gall. Dengan subjek uji coba terdiri dari ahli materi, ahli desain, guru bahasa Indonesia, dan siswa kelas X MAS Islamiyah YPI Batangkuis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) validasi dari ahli materi meliputi kelayakan isi dinyatakan sangat baik dengan total persentase 95.5%, kelayakan penyajian dinyatakan sangat baik dengan total persentase 90.5%, dan kelayakan bahasa dinyatakan sangat baik dengan total persentase 96%. (2) validasi dari ahli desain dengan kriteria cukup baik dengan total persentase 78.12%. (3) respon atau tanggapan yang diberikan oleh guru bahasa Indonesia terhadap bahan ajar berbentuk media teks anekdot berbasis meme comic dinyatakan baik dengan total persentase rata-rata sebesar 86.7%. (4) uji coba perorangan dinyatakan baik dengan total persentase rata-rata sebesar 83.3%. (5) uji coba kecil dinyatakan baik dengan total persentase rata-rata sebesar 87.8%. (6) uji coba lapanan terbatas dinyatakan baik dengan total persentasi skor rata-rata sebesar 86.6%. Hasil perolehan rata-rata nilai siswa dalam tes menulis teks anekdot berbasis meme comic sebelum menggunakan bahan ajar yang dikembangkan dinyatakan cukup baik dengan skor rata-rata 71.23% sedangkan hasil perolehan rata-rata setelah menggunakan bahan ajar dinyatakan baik dengan skor rata-rata 80.83%. selisih yang diperoleh 9.6% dari sebelum dan sesudah menggunakan modul. Hal ini membuktikan bahwa bahan ajar teks anekdot berbasis meme comic meningkat.