Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kekampuan berpikir kritis dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI Akuntansi 1 SMK Swasta Prayatna1 Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar akuntansi siswa melalui penerapan Model Pembelajaran Probelem Based Learning. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Prayatna 1 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi1 yang berjumlah 33 siswa. Objek penelitian ini adalah Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Tes dan Lembar Observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I yaitu 2 siswa masuk kedalam kategori kriteria sangat kritis dengan persentasi 6,06%, 20 siswa masuk dalam kategori kritis dengan persentase 60,6%, 10 siswa masuk dalam kategori cukup kritis dengan persentase 30,3%, dan 1 siswa masuk dalam kategori kurang kritis dengan persentase 3,03%. Terjadi peningkatan pada siklus II sebanyak 8 siswa dengan persentase 24,24% memiliki criteria sangat kritis, 21 siswa masuk dalam kategori kritis dengan persentase 63,64%, 4 siswa masuk dalam kategori cukup kritis dengan persentase 12,12%, dan tidak ada siswa masuk dalam criteria kurang kritis. Sedangkan hasil belajar siswa yang dilaksanakan terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I terdapat 24 siswa (72,73%) yang tuntas menjadi 30 siswa (90,91%) pada siklus II. Sebagai indikator ketuntasan klasikal ditetapkan 80% siswa memperoleh nilai ≥75. Dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dapat Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa pada Materi Konsep Dan Pengertian Akuntansi Pemerintah di Kelas XI Akuntansi SMK Swasta Prayatna 1 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.