PENGARUH KREATIVITAS GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA AKUNTANSI SMK SWASTA SINAR HUSNI 1 BM TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran akuntansi dikarenakan kreativitas guru yang kurang bervariasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kreativitas guru terhadap motivasi belajar siswa akuntansi SMK Swasta Sinar Husni 1 BM Tahun Pembelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Sinar Husni 1 BM. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI dan XII Akuntansi SMK Swasta Sinar Husni 1 BM yang berjumlah 117 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan simple random sampling. Jumlah sampel yang digunakan yaitu sebanyak 96 responden. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis PLS (Partial Least Square) melalui software SmartPLS. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan uji PLS Algorithm, PLS Bootstrapping dan pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji-t. Dari data perhitungan hipotesis diperoleh tgitung sebesar 6,720 sedangkan ttabel sebesar 1,67. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 6,720 >1,67 yang berarti hipotesis penelitian diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kreativitas guru memiliki pengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Koefisien jalur antara kreativitas guru dan motivasi belajar adalah 0,610.