MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INTRUCTION PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 107419 KECAMATAN BERINGIN TAHUN AJARAN 2019/ 2020
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Explicit Intruction pada mata pelajaran IPA dikelas V SD Negeri 107419 Kecamatan Beringin T.A 2019/2020. Lokasi penelitian ini adalah SD Negeri 107419 Kecamatan Beringin. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II yang mencakup perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Sebelum dilakukan tindakan siklus I peneliti member pretest untuk mengetahui letak kesulitan pada mata pelajaran IPA dalam materi gaya, gerak dan energi dilanjutkan dengan siklus I dan postest siklus I, siklus II dan diakhiri dengan pemberian postest siklus II dengan test hasil belajar IPA dengan menggunakan bentuk tes pilihan berganda dengan jumlah sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 107419 Kecamtan Beringin sebanyak 20 orang siswa. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh data test awal hasil belajar siswa di peroleh nilai rata-rata 46 dimana terdapat 3 siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dan persentase hasil belajar 15%. Secara klasikal hal ini masi tergolong rendah dan belum berhasil bagi proses pembelajaran perserta didik. Oleh karena itu, dilakukan perbaikan dan penerapan tingkat kelas siklus I menggunakan menggunakan model pembelajaran Explicit Intruction maka diperoleh nilai rata-rata mengalami kenaikan menjadi 59,7, siswa yang tuntas belajar terdapat 7 siswa dengan persentase 35% dan ini juga tergolong cukup tetapi belum berhasil dalam tindakan kelas yang dilakukan. Kemudian peneliti melanjutkan dan melakukan perbaikan dan penerepan model pembelajaran Explicit Intruction pada siklus II maka diperoleh nilai rata-rata menjadi 76, siswa yang sudah tuntas sebanyak 18 siswa dengan persentase 90%, jadi dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dalam materi gaya, gerak dan energi dikelas V SD Negeri 107419 Kecamatan Beringin T.A 2019/2020. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Explicit Intruction dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dalam materi gaya, gerak dan energi dikelas V SD Negeri 107419 Kecamatan Beringin T.A 2019/2020 . Disarankan guru dan peneliti lainnya untuk menggunakan model pembelajaran Explicit Intruction pada mata pelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa.