MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN DI KELAS IV SD NEGERI 101767 TEMBUNG T.A 2019/2020
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada tema indahnya kebersamaan subtema 1 pembelajaran 1 dan 2 di kelas IV SD Negeri 101767 Tembung dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay. Dengan jumlah siswa kelas IV sebanyak 22 siswa. Prosedur tindakan dilakukan dalam dua siklus yang mana masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian pada siklus I pertemuan I dari 22 siswa terdapat, 14 siswa (63,64%) dengan kategori kurang aktif, 6 siswa (27,27%) dengan kategori cukup aktif, dan 2 siswa (9,09%) dengan kategori aktif,. Pada siklus I pertemuan II terjadi peningkatan dengan 8 siswa (36,36%) dengan kategori kurang aktif, 8 siswa (36,36%) dengan kategori cukup aktif, 4 siswa (18,18%) dengan kategori aktif, dan 2 siswa (9,09%) dengan kategori sangat aktif. Kemudian pada siklus II pertemuan I meningkat dengan 6 siswa (27,27%) dengan kategori sangat aktif, 8 siswa (36,36%) dengan kategori aktif, 6 siswa (27,27%) dengan kategori cukup aktif, 2 (9,09%) siswa dengan kategori kurang aktif. Pada siklus II pertemuan II terdapat 10 siswa (45,45%) dengan kategori sangat aktif, 12 siswa (54,55%) dengan kategori aktif. Hasil penelitian menunjukkan keaktifan belajar siswa pada siklus I pertemuan I dengan rata-rata 60,08%. Meningkat pada siklus I pertemuan II dengan rata-rata 67,04% sedangkan pada siklus II pertemuan I rata-rata keaktifan belajar siswa mencapai 75,84%. Meningkat pada siklus II pertemuan II dengan rata-rata 83,52%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada tema indahnya kebersamaan di kelas IV SD Negeri 101767 Tembung T.A 2019/2020.