Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa di dalam kelas. Hal ini dikarenakan penggunaan model pembelajaran yang belum tepat untuk meningkatkan minat belajar siswa. Proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru masih konvensional, sehingga menimbulkan kejenuhan pada siswa dalam proses belajar mengajar berlangsung, Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui peningkatan minat belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Word Square pada kelas II SD Negeri 104204 Sambirejo Timur. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian siswa kelas II SD Negeri 104204 Sambirejo Timur yang berjumlah 29 orang siswa. Objek dari penelitian ini adalah minat belajar siswa kelas II. Adapun alat pengumpul datanya adalah angket dan lembar observasi. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I, peneliti membagikan angket untuk mengetahui kondisi awal minat belajar siswa. Hasil analisis data dari 29 siswa diperoleh melalui angket pra siklus, siswa yang berminat berjumlah 9 siswa (31,03%) dan yang tidak berminat berjumlah 20 siswa (68,96%) dengan nilai ratarata 54,89. Kemudian peneliti menindak lanjuti ke siklus I secara signifikan mengalami peningkatan dimana siswa yang berminat berjumlah 16 siswa (55,17%) dan yang tidak berminat berjumlah 13 siswa (44,82%) dengan nilai ratarata 64,17%. Dan selanjutnya ditindak lanjuti lagi ke siklus II dengan hasil yang baik dimana siswa yang berminat berjumlah 26 siswa (89,65%) dan yang tidak berminat berjumlah 3 siswa (10,34%) dengan nilai rata-rata 75,31. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Word Sqaure dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas II SD pada tema 1 Hidup Rukun di SD Negeri 104204 Sambirejo Timur T.A 2019/2020.