Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning berbantuan Geogebra di kelas XI MIPA-1 SMA Negeri 7 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (clasroom action research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA-1 berjumlah 36 siswa. Dan objek penelitian adalah penerapan model pembelajarn Discovery Learning berbantuan Geogebra untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Program Linear. Instrumen penelitian ini adalah tes hasil belajar dan observasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Setiap pertemuan diberikan lembar observasi kegiatan guru dan di akhir siklus diberikan tes hasil belajar. Dari tes hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 60,18. Terdapat 19 siswa atau sekitar 52,78 % dari jumlah siswa sudah tuntas belajar. Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru sudah tergolong baik dengan nilai rata-rata observasi guru yaitu 89,7. Sedangkan pada tes hasil belajar siklus II diperoleh rata-rata hasil belajar siswa 78,6 dengan 31 siswa atau 86,11 % ( peningkatan belajar klasikal) dari jumlah siswa sudah tuntas belajar dan pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru tergolong sangat baik dengan nilai rata-rata observasi guru yaitu 91,91. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajarn Discovery Learning berbantuan Geogebra dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Program Linear di kelas XI MIPA-1 SMA Negeri 7 Medan.