PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION (PENGAJARAN LANGSUNG) BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VII SMP TUNAS KARYA BATANG KUIS TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Expilicit Instruciton Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Tahun Pembelajaran 2019/2020. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Tunas Karya Batang Kuis sebanyak 140 siswa dan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik acak, sehingga diperoleh sampel penelitian adalan kelas VII Unggulan A sebanyak 33 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain One Group Desing. Instrumen yang digunakan adalah tes Esai. Dari pengolahan data diperoleh nilai rata-rata pre-test adalah 64,39, standar deviasi 10,13, dan standar error sebesar 1,79 sedangkan nilai rata-rata post-test adalah 76,51, standar devisi 8,79, dan standard error sebesar 1,55. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata dalam menulis teks Deskripsi setelah menggunakan model pembelajaran Expilicit Instruciton lebih tinggi dari pada nilai sebelum menggunakan model pembelajaran Expilicit Instruciton. Sebelum dilakukan pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Dikonsultasikan dengan tabel t taraf siginifikan 5% dengan df = N-1 = 33-1 = 32 diperoleh taraf signifikan 5% = 1,69. Karena diperoleh lebih besar dari yaitu 5,58 > 1,69, maka hipotesis nihil ( ) ditolak dan hipotesis alternatif ( ) diterima. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa data pre-test dan post-test berdistribusi normal dan homongen. Hasil uji hipotesis juga menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Expilicit Instruciton berpengaruh positif Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Tunas Karya Batang Kuis Tahun Pembelajaran 2019/2020.