Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dan proses jawaban siswa pada setiap aspek komunikasi matematis. Jenis penelitian ini adalah Peneltian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-B SMP Methodist 1 Medan yang berjumlah 32 siswa. Objek penelitian adalah meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan berbantuan Macromedia Flash pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Instrument yang dilakukan adalah observasi dan tes.Berdasarkan analisis data kemampuan komunikasi matematis siswa diperoleh nilai rata-rata kemampuan komunikasi matematis meningkat dari 66,40 dengan persentase 47% pada siklus I menjadi 78,90 dengan persentase 87,5% pada siklus II. Hasil tes kemampuan komunikasi matematis siswa pada setiap aspek, yakni Pada aspek ekspresi matematis nilai rata-rata 68,75 pada siklus I meningkat menjadi 82,81 pada siklus II. Pada aspek menggambar nilai rata-rata 66,4 pada siklus I meningkat menjadi 79,68 pada siklus II. Pada aspek menulis/menjelaskan nilai rata-rata 65,23 pada siklus I meningkat menjadi 76,56 pada siklus II. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan komunikasi matematis siswa meningkat dengan menerapkan model penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan berbantuan Macromedia Flash pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel dikelas VIII-B SMP Methodist 1 Medan.