Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Efikasi Diri Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angakatan 2015 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan yang beralamat di Jalan William Iskandar Pasar V Medan Estate, populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi Pendidikan Akuntansi angkatan 2015 yang berjumlah 83 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling dengan menggunakan rumus slovin, sehingga jumlah sampel yang didapatkan adalah 69 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket/kuesioener. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha dengan nilai thitung < ttabel (0,561 < 2,384) atau nilai signifikan 0,577 > 0,05. Efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha dengan nilai thitung > ttabel (4,871 > 2,384) atau nilai signifikan 0,000 < 0,05. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,264 = 26,4%. Hal ini menunjukkan bahwa besarnya kontribusi variabel bebas terhadap variabel terikat adalah sebesar 26,4%, sedangkan sisanya 73,6% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar analisa penelitian ini. Berdasarkan hasil uji regresi linear berganda menunjukkan persamaan Y = 9,828+ 0,277 X1 + 0,464 X2. Artinya jika pendidikan kewirausahaan dan efikasi diri konstan, maka minat berwirausaha memiliki nilai sebesar 9,828. Jika pendidikan kewiraushaan mengalami peningkatan 1% dan variabel efikasi diri dianggap tetap maka peningkatan itu akan menaikkan minat berwirausaha sebesar 0,277%. Dan jika efikasi diri mengalami peningkatan 1% dan variabel pendidikan kewirausahaan dianggap tetap maka peningkatan itu akan menaikkan minat berwirausaha sebesar 0,464%.