Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kegiatan menulis peserta didik pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung di kelas IV B. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa dengan melengkapi kalimat menggunakan media gambar seri peserta didik dengan model pembelajaran complete sentence pada tema 1 “Indahnya Kebersamaan” di kelas IV SD Negeri 105292 Bandar Klippa Tahun Ajaran 2018/2019 dan mengetahui aktivitas peserta didik dan guru selama pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran complete sentence. Jenis penelitian ini adalah penelitan tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 105292 Bandar Klippa pada semester ganjil Tahun Ajaran 2019/2020, subjek penelitian ini berjumlah 26 orang, terdiri dari 14 perempuan dan 12 laki – laki. Objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan menulis siswa dengan model complete sentence menggunakan media gambar seri kelas IV SD N 105292 Bandar Klippa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Instrumen observasi untuk melihat aktivitas peserta didik dan guru selama pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran complete sentece. Instrumen tes berbentuk esai untuk melihat kemampuan menulis siswa dengan melengkapi kalimat menggunakan media gambar seri. Berdasarkan data hasil tes kemampuan menulis dengan melengkapi kalimat menggunakan media gambar seri peserta didik pada siklus I dimana nilai tes kemampuan menulis peserta didik pada siklus I 59.04, dengan perincian terdapat 9 peserta didik dinyatakan masuk dalam klasifikasi tuntas dengan persentase 34.61%, dan 17 peserta didik dinyatakan masuk dalam klasifikasi belum tuntas dengan persentase 65.38%. Nilai tes kemampuan menulis pada siklus II mengalami peningkatan dengan rata-rata 77.5, dengan perincian 22 peserta didik dinyatakan masuk dalam klasifikasi tuntas dengan persentase 84.61%, dan 4 peserta didik dinyatakan masuk dalam klasifikasi belum tuntas dengan persentase 15.38%, dengan rata – rata kelas adalah 84.61% masuk dalam klasifikasi tuntas. Hasil observasi aktifitas belajar peserta didik dengan model pembelajaran complete sentence adalah sebagai berikut pada siklus I pertemuan I dengan rata –rata 50.10 dan rata-rata kelas 3.84%, siklus I pertemuan II dengan rata-rata 59.23 dan rata-rata kelas 23.07%. Pada siklus II mengalami peningkatan yaitu pertemuan I dengan rata-rata 70.87 dan rata-rata kelas 65.38%, siklus II pertemuan II dengan rata-rata 78.18 dan rata-rata kelas 76.92%. Berdasarkan data yang di peroleh dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran complete sentence dapat meningkatkan kemampuan menulis peserta didik dengan melengkapi kalimat menggunakan media gambar seri pada tema 1 “Indahnya Kebersamaan” kelas IV SD N 105292 Bandar Klippa Tahun Ajaran 2019/2020.