Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada materi Koordinat Kartesius dikelas VIII SMP Swasta Parulian 2 Medan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 SMP Swasta Parulian 2 Medan yang berjumlah 39 orang. Objek penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) berbantuan software Geogebra pada materi koordinat kartesius. Instrument yang dipakai adalah observasi dan tes. Penelitian ini terdiri dua siklus. Berdasarkan analisis data kemampuan komunikasi matematis siswa diperoleh rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa meningkat dari 64,20 (siklus I) menjadi 76,46 (siklus II) dengan persentase kemampuan komunikasi siswa secara klasikal adalah 53,84 % (siklus I) menjadi 87,17% (siklus II). Hasil tes kemampuan komunikasi matematis siswa pada setiap aspek yakni aspek representasi, meningkat rata-rata 71,80 (siklus I) menjadi 81,41 (siklus II). Pada aspek menggambar, kemampuan komunikasi meningkat dari rata-rata 64,74 (siklus I) menjadi 79,48 (siklus II). Pada aspek menulis/menjelaskan, kemampuan komunikasi matematis meningkat dari 56,08 (siklus I) 73,71 menjadi (siklus II). Berdasarkan uraian-uraian diatas disimpulkan komunikasi matematis siswa mengalami peningkatan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) berbantuan software Geogebra pada materi Koordinat Kartesius dikelas VIII SMP Swasta Parulian 2 Medan.