PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DAN SELF-EFFICACY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS V SDS GRACIA SUSTAIN MEDAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, (2) pengaruh self-efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, (3) interaksi antara pendekatan pembelajaran dan self-efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V-A, V-B dan V-C Sekolah Dasar Swasta Gracia Sustain dan sebagai sampel dalam penelitian ini adalah kelas V-A untuk kelas kontrol sebanyak 30 siswa yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan konvensional dan untuk kelas eksperimen kelas V-B sebanyak 30 siswa yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan matematika realistik. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) tes kemampuan pemecahan masalah matematika yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk essay test, (2) lembar angket self-efficacy. Instrumen tersebut telah memenuhi syarat validitas serta koefisien reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh pendekatan matematika realisttik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Hal ini ditunjukkan oleh kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan pendekatan matematika realistik memperoleh nilai rata-rata 78,37 sedangkan hasil belajar siswa yang diajar dengan pendekatan konvensional memperoleh nilai ratarata 67,70, (2) berdasarkan hasil perhitungan data dapat diketahui bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang memiliki self-efficacy tinggi memperoleh nilai rata-rata 79,38 sedangkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang memiliki self-efficacy rendah memperoleh nilai 64,18 dan (3) hasil pengujian hipotesis diperoleh tidak terdapat interaksi antara pendekatan matematika realistik dan self-efficacy siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.