PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNINGUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF-EFFICACY SISWA SMK SWASTA AR-RAHMAN MEDAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis Problem Based Learning yang berkualitas pada materi Program Linear di kelas XI SMK Swasta ArRahman Medan; 2) Menganalisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan berbasis Problem Based Learning; 3) Menganalisis peningkatan self-efficacy siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan berbasis Problem Based Learning; 4) Menganalisis kesalahan jawaban siswa dalam menyelesaikan tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4-D Thiagarajan. Uji coba perangkat pembelajaran berbasis Problem Based Learning dilakukan sebanyak tiga kali untuk memperoleh perangkat yang berkualitas. Uji coba pertama dilakukan di kelas XI TKJ 1, uji coba kedua dilakukan di kelas XI TKJ 2 dan tahap penyebaran di kelas XI AK. Dari hasil penelitian diperoleh: 1) Perangkat pembelajaran berbasis Problem Based Learning yang dibelajarkan berkualitas baik pada saat tahap penyebaran; 2) Kemampuan pemecahan masalah matematika yang dibelajarkan dengan menggunakan perangkat Problem Based Learning meningkat pada tahap penyebaran; 3) Self-efficacy matematika siswa yang dibelajarkan dengan perangkat Problem Based Learning meningkat pada tahap penyebaran; 4) Ditinjau dari Newman Error Analysis, kesalahan siswa terjadi dikarenakan siswa tidak dapat menyerap informasi dengan baik, kurang telitinya siswa dalam pengoperasian perhitungan, kurang terlatihnya siswa dalam melakukan proses penyelesaian secara terurut dan kurangnya ketidakpercayaan diri siswa akan kemampuan yang dimiliki.