PENGEMBANGAN TES PENGETAHUAN KONSEPTUAL PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI SMA
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan tes objektif pengetahuan konseptual materi fisika Suhu dan Kalor di SMA yang memenuhi syarat kualifikasi baik (tes standar) meliputi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan efektivitas pengecoh. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Developmental Research), dengan menggunakan metode penelitian pengembangan model Borg dan Gall. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ditinjau dari analisis kualitatif, kualitas soal tes pengetahuan konseptual adalah sangat baik dengan persentase keidealan 93%. Ditinjau dari analisis kuantitatif, kualitas soal tes pengetahuan konseptual adalah baik. Analisis dari 75 butir soal tes pengetahuan konseptual pada uji kelompok kecil, diperoleh 72 butir soal yang diterima dan 3 butir soal ditolak. Pada uji kelompok besar diperoleh: (1) 68 butir valid (94,4%) dan 4 butir tidak valid (5,6%). (2) Soal memiliki reliabilitas baik yaitu 0,950. (3) Berdasarkan taraf kesukaran, 3 soal mudah (4,2%), 63 soal sedang (87,5%), dan 6 soal sulit (8,3%). (4) Berdasarkan daya pembeda, 39 soal termasuk kategori baik sekali (54,2%), 28 soal termasuk kategori baik (38,8%), 3 soal termasuk kategori cukup (4,2%) dan 2 soal termasuk kategori jelek (2,8%). (5) Berdasarkan keefektifan pengecoh, terdapat 68 soal efektif (94,4%) dan 4 soal tidak efektif (5,6%). Sehingga diperoleh butir soal tes pengetahuan konseptual yang berkualitas baik sebanyak 65 soal diterima (90,2%), 3 soal direvisi (4,2%) dan 4 soal ditolak (5,6%).