Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan proses sains fisika siswa dengan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan adobe flash dan model pembelajaran konvensional, untuk mengetahui perbedaan keterampilan proses sains siswa yang memiliki kreativitas di atas rata-rata dan kreativitas di bawah rata-rata, untuk mengetahui apakah ada interaksi antara model pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan adobe flash dan kreativitas dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Setia Janji. Sampel penelitian ditentukan secara cluster random sampling, satu kelas sebagai kelas eksperimen dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing mengunakan adobe flash dan satu kelas kontrol dibelajarkan secara konvensional. Instrumen yang digunakan untuk penelitian ini yaitu tes essay berbasis keterampilan proses sains dan instrumen kreatifitas dalam bentuk uraian sebanyak 10 soal yang telah divalidkan.. Data yang dihasilkan dianalisis dengan menggunakan Anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses sains siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan adobe flash lebih tinggi daripada yang dibelajarkan secara konvensional, keterampilan proses sains siswa pada kelompok kreativitas di atas rata-rata lebih tinggi dibandingkan keterampilan proses sains siswa pada kelompok dengan kreativitas di bawah rata-rata, dan terdapat interaksi antara model pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan adobe flash dan pembelajaran konvensional dengan kreativitas terhadap keterampilan proses sains siswa.