Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media e-learning berbasis moodle yang layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi optik geometri, mengetahui pengaruh media e-learning dengan moodle terhadap hasil belajar, dan mengetahui respon peserta didik terhadap media e-learning dengan moodle yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan S. Thiagarajan 4-D yang terdiri dari empat tahap, yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Media yang dikembangkan dinilai kelayakannya oleh ahli materi, ahli media, ahli teknologi, guru fisika, uji coba satu lawan satu, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan, serta respon peserta didik. Media e-learning berbasis moodle diterapkan pada kelas XII IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII IPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi, pretest dan posttest. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penilaian media yang dikembangkan menurut para ahli termasuk dalam kategori Sangat Layak digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil belajar peserta didik yang menggunakan media e-learning berbasis moodle lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar peserta didik tanpa menggunakan media e-learning berbasis moodle. Respon peserta didik terhadap media e-learning berbasis moodle secara keseluruhan termasuk dalam kriteria sangat layak.