Daftar Isi:
  • Penelitian bertujuan mengembangkan tes Two-tier Multiple Choice (TTMC) untuk mengukur Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa pada materi Momentum dan Impuls yang memenuhi kualifikasi baik (tes standar) meliputi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan efektivitas pengecoh. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (Developmental Reseach), dengan menggunakan model ADDIE. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis kualitatif, kualitas tes soal adalah sangat baik dengan persentasi kevalidan 92%. Hasil analisis Kuantitatif kualitas tes TTMC adalah baik. Analisis 27 butir soal pada uji kelompok kecil diperoleh 24 butir soal diterima dan 3 butir soal ditolak. Uji kelompok besar diperoleh: (1) 19 butir soal valid (71%), 5 soal tidak valid (21%). (2) reliabilitas soal termasuk dalam kategori “Cukup” dengan nilai sebesar 0,587. (3) 3 (13%) soal dalam kategori mudah, 12 (50%) soal kategori sedang dan 9 (38%) soal kategori sulit. (4) Daya pembeda soal didapatkan 14 (58%) soal dalam kategori baik sekali, 5 (21%) soal dalam kategori baik dan 5 (21%) soal dalam kategori jelek. (5) 19 (79%) soal efektif dan 5 (21%) soal tidak efektif. Butir soal yang diterima sebanyak 12 (50%) soal, 7 (29%) soal direvisi dan 5 (21%) soal ditolak.