Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mengembangkan sebuah bahan ajar berbasis guided inquiry untuk melihat peningkatan aktifitas belajar siswa dan sekaligus meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan keterampilan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian ini adalah Research & Development (R&D. Penelitian ini dimulai dari studi pendahuluan, analisis kebutuhan siswa, studi literatur, dan observasi lapangan. Penelitian dilanjutkan dengan mendesain sebuah bahan ajar berbasis guided inquiry. Bahan ajar yang dikembangkan disusun sesuai dengan fase-fase dalam guided inquiry. Bahan ajar kemudian dinilai oleh validator ahli materi dan ahli desain. Bahan ajar juga dinilai oleh guru sekolah dan diuji cobakan pada siswa. Indikator-indikator penilaian bahan ajar dikembangkan sesuai dengan indikator-indikator keterampilan berpikir kreatif dan keterampilan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahan ajar yang dikembangkan valid dan layak digunakan berdasarkan kategori penilaian sangat baik oleh validator dengan persentase skor 89,5% oleh ahli materi dan 95,20% oleh ahli desain; oleh guru dengan persentase 90% (Responden 1) dan 88,75% (Responden 2). Bahan ajar juga telah efisien, yang terlihat dari peningkatan keterampilan berpikir kreatif dan berpikir kritis siswa dengan analisis N-gain pada kategoru sedang. Berdasarkan uraian tersebut maka bahan ajar yang dikembangkan berbasis guided inquiry telah valid, praktis dan efisien sehingga mampu meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan berpikir kritis siswa. Selain itu, siswa juga mengalami peningkatan dalam aktifitas belajar.