PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS BUDAYA JAWA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS DAN SELF EFFICACY SISWA FISIKA SMA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan generik sains dan selfefficacy siswa melalui model pembelajaran kooperatif berbasis budaya Jawa dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching. Penelitian ini dilakukan di MAS Laboratorium UIN SU Medan T.P 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen yang dilaksanakan menggunakan two group pretes-posttest design. Sampel penelitian yaitu kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes keterampilan generik sains dan angket self-efficacy siswa Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji t dan uji gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan generik sains dan self-efficacy siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif berbasis budaya Jawa lebih baik daripada siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran fisika melalui pendekatan Culturally Responsive Teaching terintegrasi etnofisika dapat mengembangkan KGS pada keterampilan pengamatan langsung, inferensi logika dan abstraksi sedangkan self-efficacy siswa mengalami peningkatan pada aspek prestasi dan motivasi diri, serta Disiplin diri.