Daftar Isi:
  • Penelitianini bertujuan untuk menganalisis: (1) Apakah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan software geogebra dengan siswa yang memperoleh pembelajaran langsung, (2) Apakah terdapat perbedaan peningkatan motivasi belajar siswa yang memperoleh model pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan software geogebra dengan siswa yang memperoleh pembelajaran langsung, (3) Apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan software Geogebra dan kemampuan awal matematis siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa, (4) Apakah terdapat interaksi antara pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan software Geogebra dan kemampuan awal matematis siswa terhadap motivasi belajar siswa.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimensemu.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Negeri Barus. Sampel penelitian diambil secara acak sehingga diperoleh dua kelas sampel. Kelas eksperimen I mendapatmodel pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan Software Geogebradan kelaseksperimen II mendapatmodel pembelajaran langsung.Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan angket motivasi belajar. Analisis data dilakukan dengan analisis kovarian (ANACOVA) dan N-Gain. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diberi model pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan software geogebra dengan siswa yang memperoleh pembelajaran langsung, (2) Terdapat perbedaan peningkatan motivasi belajar siswa yang diberi model pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan software geogebra dengan siswa yang memperoleh pembelajaran langsung, (3)Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan software geogebra dengan kemampuan awal matematis terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, (4) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan software geogebra dengan kemampuan awal matematis terhadap motivasi belajar matematis siswa. Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti menyarankan agar guru menggunakan model penemuan terbimbing berbantuan software geogebra pada pembelajaran matematika sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran matematika yang inovatif.