PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN ADOBE FLASH BERBASIS PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPASIAL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP CHANDRA KUMALA DELI SERDANG
Daftar Isi:
- Kemampuan spasial mendukung hasil belajar matematika siswa terutama pada topik geometri yang berkaitan dengan shape and space. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat kualitsa pengembangan media pembelajaran berbantuan adobe Flash berbasis pembelajaran kooperatif untuk menigkatkan kemampuan spasial siswa. This study is development research using 4-D model (define, design, develop, and disseminate) in two classes that consist 30 students in each class at Secondary School Chandra Kumala Deli Serdang and it has two trials for the developing step. Kualitas pengembangan dinilai dari beberap aspek yaitu kevalidan, kepraktisan, keefektivan pengembangan media dan peningkatan nilai kemampuan spasial siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh skor validitas pengembangan media sebesar 2,89 (criteria:valid). Kepraktisan telah memenuhi kriteria praktis yang ditinjau dari angket guru dengan skor rata-rata 2,65 pada uji coba I dan 2,98 pada uji coba II, serta respon siswa dengan skor rata-rata 2,75 pada uji coba I dan 2,85 pada uji coba II. Keefektifan memenuhi kriteria efektif, yaitu ditinjau dari ketuntasan belajar siswa secara klasikal sudah mencapai 86,7 % pada uji coba II (pada uji coba I hanya 76,7%) dan penggunaan waktu penelitian sesuai rencana pelaksanaan pembelajaran. Sedangkan N-gain peningkatan kemampuan spasial siswa menggunakan media pembelajaran yang dikembangkan pada uji coba I berada pada kategori rendah dengan skor 0,13, namun berada pada kategori sedang dengan skor 0,34 pada uji coba II. Selanjutnya nilai rata-rata meningkat dari uji coba I sebesar 71,32 menjadi 77,13 pada uji coba II. Disamping itu, adanya pencapaian kemandirian belajar siswa dalam belajar matematika menjadi penguatan terhadap peranan pengembangan media Adobe Flash dalam proses belajar mengajar