PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MASALAH MELALUI PEMBELAJARAN STRATEGI METAKOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA SMP NEGERI 15 MEDAN
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mengembangkan bagaimana efektivitas dan kepraktisan modul berbasis masalah yang dikembangkan melalui pembelajaran strategi metakognitif pada kemampuan pemecahan masalah, dan mengetahui peningkatan keterampilan pemecahan masalah melalui pembelajaran strategi metakognitif modul berbasis masalah yang dikembangkan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Pengembangan dilakukan dengan menggunakan model pengembangan 4D oleh Thiagarajan. Untuk memperoleh modul pembelajaran yang efektif dan praktis. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 15 Medan. Hasil Penelitian Menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan telah memenuhi persyaratan yang valid sehingga dapat diuji efektivitas dan kepraktisannya. Hasil tes menunjukkan bahwa dari segi efektifitas, modul telah mampu meningkatkan aktivitas aktif siswa, kemampuan guru dalam pembelajaran sudah cukup baik, Respon positif siswa dalam belajar dan tujuan pembelajaran telah tercapai dengan 86,21. % sepenuhnya. Kepraktisan modul juga telah terpenuhi, hal ini terlihat dari respon positif siswa dalam pembelajaran serta peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa setelah penggunaan modul.