PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS BUDAYA MELAYU DAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI VISUAL THINKING SISWA MTSN TANJUNG PURA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kepraktisan perangkat pembelajaran Berbasis Budaya Melayu dan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan kemampuan representasi visual thinking siswa MTs Negeri Tanjung Pura. Berdasarkan dari hasil uji coba I, uji coba II perangkat pembelajaran Berbasis Budaya Melayu dan Pendekatan Kontekstual dikembangkan terpenuhi praktis, ditinjau dari: a) Respon Guru terhadap perangkat memenuhi skor rata-rata 3,16 kategori baik; b) Respon Siswa terhadap perangkat memenuhi skor rata-rata 3,08 kategori baik. (2) keefektifan perangkat pembelajaran ditinjau dari: a) Ketuntasan belajar kemampuan representasi visual thinking siswa secara klasikal dengan rata-rata skor minimal 2,65 skala 4 terpenuhi sebesar 91,18 %pada ujicoba II; b) kemampuan guru mengelola pembelajaran pada uji coba I sebesar 3,16, pada uji coba II sebesar 3,24 dengan kategori tinggi (3 ≤ �� ≤ 4); c) Aktifitas aktif siswa terpenuhi toleransi 5% pada ujicoba II. (3) Peningkatan kemampuan representasi visual thinking siswa paling meningkat pada indikator menyajikan masalah dalam bentuk persamaan yaitu sebesar 0,70, dilihat berdasarkan tahap ujicoba I dan II pada pre-tes dan post-tes meningkat dengan N-gain sebesar 0,69 kategori sedang