Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui: (1) Pengaruh Supervisi Akademik terhadap Kerjasama Tim; (2) Pengaruh Supervisi Akademik terhadap Locus of Control; (3) Pengaruh Supervisi Akademik terhadap Kepuasan Kerja Guru; (4) Pengaruh Kerjasama Tim terhadap Kepuasan Kerja Guru; dan (5) Pengaruh Locus of Control terhadap Kepuasan Kerja Guru SMA Negeri di Kota Binjai. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan analisis jalur. Jumlah responden sebanyak 198 orang yang di ambil dengan Proporsional Random Sampling. Instrumen penelitian adalah angket, yang diujicobakan untuk mendapatkan instrumen yang sahih dan reliabitas instrumen. Sebelum uji hipotesis dengan pendekatan analisis jalur dilakukan, terlebih dahulu dilakukan uji persyartan analisis, yaitu uji normalitas data dengan menggunakan uji Kolmogorov-smirnov test dan uji linieritas dan keberartian regresi dengan Analisis Variansi pada taraf signifikansi α sebesar 0,05. Hasil dari penelitian menemukan: (1) Supervisi Akademik berpengaruh langsung positif terhadap Kerjasama Tim; (2) Supervisi Akademik berpengaruh langsung positif terhadap Locus of control; (3) Supervisi Akademik berpengaruh langsung positif terhadap Kepuasan Kerja Guru; (4) Kerjasama Tim berpengaruh langsung positif terhadap Kepuasan Kerja Guru; (5) Locus ofcontrol berpengaruh langsung positif terhadap Kepuasan Kerja Guru. Untuk meningkatkan Kepuasan Kerja guru SMA Negeri di kota Binjai dapat dilakukan dengan meningkatkan Supervisi Akademik, Kerjasama Tim, dan Locus ofcontrol para guru.