Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh Iklim Organisasi terhadap Motivasi Kerja, (2) Pengaruh Iklim Organisasi terhadap Kinerja Guru, (3) Pengaruh Persepsi guru tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Motivasi Kerja, (4) Pengaruh Persepsi guru tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru dan (5) Pengaruh Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Kecamatan Panei Kabupaten Simalungun. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan model yang digunakan adalah model analisis jalur atau hubungan sebab akibat, teknis analisa data yang digunakan adalah deskriptif dan infrensial. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru yang aktif bertugas di SD Negeri di Kecamatan Panei Kabupaten Simalungun yang berjumlah 195 orang. Pengambilan sampel dengan menggunakan proporsional random sampling, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket Instrumen dan uji valitas dengan Product Moment dengan tingkat penerimaan 95% atau taraf signifikansi α=0,05. Reliabilitas dihitung dengan rumus koefisien alpha ( ), sehingga diperoleh angket 40 butir yang valid dari 40 butir yang divalidasi. Data penelitian ini terlebih dahulu diuji normalitas distribusi variabelnya dengan rumus lilifors, untuk menguji lilineritas dan keberartian persamaan regresi diuji dengan analisis variansi (ANAVA), dan untuk menguji hipotesis digunakan dengan analisis korelasi parsial. Dan keberartian data penelitian diuji dengan uji-t. Korelasi ganda diuji dengan analisis regresi ganda, homogenitas diuji dengan rumus Bartlett, uji independensi dilakukan dengan rumus Product Moment. Hasil uji analisis jalur mentayakan bahwa seluruh variabel yang dihitung dianalisis dengan menggunakanuji F dengan taraf signifikansi 0,05 dan hasilnya menyatakan > . Dari hasil penelitian ini dapat mendeskripsikan bahwa Variabel Iklim Organisasi, Persepsi Guru tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja dapat dijadikan untuk meningkatkan Kinerja Guru SD Negeri di Kecamatan Panei Kabupaten Simalungn. Saran kepada guru dan semua komponen yang terkait untuk berupaya meningkatkan Iklim Organisasi, Persepsi Guru tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja dapat agar meningkatkan Kinerja Guru