PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF BERBASIS BUDAYA ACEH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS DAN KEJUJURAN SISWA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif berbasis budaya Aceh dan mengetahui peningkatan keterampilan generik sains dan kejujuran siswa dengan menerapkan perangkat pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif berbasis budaya Aceh. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4-D meliputi tahapan define, design, develop, dan disseminate. Penelitian ini dilakukan di sekolah SMA Negeri 1 Kutacane dengan populasi sebanyak 37 siswa di kelas XII IPA-Inti2. Instrumen dan teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi perangkat pembelajaran yaitu lembar validasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), lembar validasi Lembar Kegiatan Siswa (LKS), lembar validasi instrumen keterampilan generik sains dan kejujuran siswa. Aspek budaya Aceh di integrasikan ke dalam fase-fase model kooperatif. Kegiatan diskusi siswa dilakukan dengan pola interaksi budaya Aceh yaitu bermusyawarah dalam menyelesaikan masalah yang diangkat dan ilustrasi budaya Aceh. Hasil penelitian perangkat pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif berbasis budaya Aceh telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Keterampilan generik sains siswa berdasarkan analisis dengan uji N-gain pada pertemuan I hingga Pertemuan IV dari katagori rendah ke katagori sedang. Dan terdapat peningkatan kejujuran siswa setelah menerapkan perangkat pembelajaran fisika dengan model pembelajaran kooperatif berbasis budaya Aceh.