PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PERAWATAN TANGAN DAN RIAS KUKU SISWA JURUSAN TATA KECANTIKAN KULIT SMK NEGERI 1 BERINGIN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media video pembelajaran perawatan tangan dan rias kuku yang layak digunakan pada siswa tata kecantikan kulit di sekolah SMK Negeri 1 Beringin. Penelitian ini menggunakan model penelitian research and development (R&D) dengan subyek uji coba penelitian terdiri dari dua ahli materi pembelajaran, dua orang ahli desain pembelajaran, dua orang ahli media serta tiga orang siswa untuk uji coba perorangan, sembilan orang siswa untuk uji coba kelompok kecil dan tiga puluh lima orang siswa untuk uji coba lapangan. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket tanggapan dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan media video pembelajaran yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada materi pelajaran perawatan tangan dan rias kuku untuk siswa Jurusan Tata Kecantikan Kulit SMK Negeri 1 Beringin. Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar perawatan tangan dan rias kuku dengan menggunakan media video pembelajaran daripada hasil belajar perawatan tangan dengan menggunakan video youtube. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengolahan data dimana diperoleh thitung = 4, 15 dan ttabel = 1,99 dimana 4,15 > 1,99 untuk taraf signifikansi sebesar 0,05. Efektifitas penggunaan media video pembelajaran perawatan tangan yaitu sebesar 90,42% lebih tinggi daripada nilai keefektifan dengan menggunakan video youtube yaitu sebesar 84,49%. Disimpulkan bahwa hasil pembelajaran siswa menggunakan media video pembelajaran lebih efektif daripada menggunakan media video youtube.