PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA SMA NEGERI 1 PANCUR BATU
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) apakah hasil belajar Geografi siswa yang diajarkan dengan menggunakan Strategi pembelajaran discoveri lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori,(2) apakah hasil belajar geografi siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi lebih tinggi dari pada hasil belajar geografi siswa yang memiliki motivsi belajar rendah, (3) apakah ada interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar dalam mempengaruhi hasil belajar geografi siswa Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Pancur Batu. Populasi penelitian ini sebanyak 179 siswa dan Sampel penelitian ini sebanyak 71 siswa, yaitu 36 siswa diajarkan menggunakan strategi pembelajaran Discovery, dan 35 siswa diajarkan menggunakan strategi pembelajaran Ekspositori. Penelitian diletakkan pada kelas XI IS Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode penelitian dengan menggunakan quasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2, Teknik analisis data yang digunakan adalah ANAVA dua jalur dengan taraf signifikan α = 0,05 dan dilanjutkan dengan Uji Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan (1) hasil belajar Geografi siswa yang diajarkan dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Discovery lebih tinggi bila dibandingkan dengan hasil belajar Geografi siswa dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Ekspositori dengan nilai Fhitung 4,59 > Ftabel 3,94; (2) hasil belajar Geografi siswa yang memiliki Motivasi Belajar tinggi lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang memiliki Motivasi Belajar rendah dengan nilai Fhitung = 6,04 > Ftabel = 3,94; (3) terdapat interaksi antara Strategi Pembelajaran dan Motivasi Belajar dalam memengaruhi hasil belajar Geografi dengan (F hitung = 11,72 > Ftabel = 3,94) pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan Strategi Pembelajaran Discovery lebih baik dari pada strategi pembelajaran Ekspositori dalam meningkatkan hasil belajar Geografi siswa. Siswa yang memiliki Motivasi Belajar tinggi memperoleh hasil belajar Geografi lebih tinggi daripada siswa yang memiliki Motivasi Belajar rendah.