PENGEMBANGAN PERANGKAT PENILAIAN AUTENTIK TEKS EKSPOSISI BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BANDAR BENER MERIAH
Daftar Isi:
- Proses pembelajaran dan instrumen penilaian yang diberikan belum berorientasi untuk mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan perangkat penilaian autentik teks eksposisi berbasis HOTS pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Bandar Bener Meriah; mendeskripsikan bagaimana kelayakan Perangkat penilaian autentik teks eksposisi berbasis HOTS, dan mendeskripsikan hasil belajar siswa dengan menggunakan Perangkat penilaian autentik teks eksposisi berbasis HOTS. Penelitian ini merujuk pada model pengembangan Borg & Gall. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengembangan perangkat penilaian autentik teks eksposisi berbasis HOTS didasarkan penelitian dan pengumpulan informasi pendahuluan, perencanaan, pengembangan produk awal, validasi desain dan evaluasi, revisi produk, penilaian dan saran guru bahasa serta siswa, revisi, uji coba perorangan, revisi, uji coba kelompok kecil, revisi, uji coba lapangan terbatas, revisi hingga produk valid dan layak digunakan; (2) persentase rata-rata seluruh sub komponen dari hasil validasi ahli desain adalah 81% dengan kriteria “sangat baik”. Persentase rata-rata seluruh indikator dari hasil validasi ahli evaluasi untuk instrumen bentuk uraian adalah 95,7%, untuk instrumen pilihan ganda adalah 94%, dan untuk instrumen psikomotor adalah 86,83%. Seluruh penilaian ahli evaluasi berada pada kriteria “sangat baik”. Hasil respon guru memiliki total presentase rata-rata 88% dengan kriteria “sangat baik”. Hasil respon siswa dinyatakan layak dan memenuhi kebutuhan dengan kriteria keseluruhan “sangat baik”; dan (3) keefektifan perangkat penilaian autentik teks eksposisi berbasis HOTS diperoleh rata-rata 81,2. Disimpulkan bahwa kemampuan siswa mengalami kenaikan yang signifikan tinggi dan mencapai KKM sesuai yang diharapkan.