Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan bahan ajar menulis teks eksposisi berbasis kontekstual pada siswa kelas X SMA Negeri 16 Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) yang dikemukakan oleh Sugiono merujuk pada model Borg &Gall. Subjek uji coba terdiri dari 3 siswa dengan uji coba perorangan, 9 siswa dengan uji coba kelompok kecil, dan 32 siswa dengan uji coba lapangan terbatas. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan tes menulis teks eksposisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Validasi ahli materi meliputi kelayakan isi dengan rata-rata 91,48% pada kriteria sangat baik, kelayakan penyajian dengan rata-rata 94,00% pada kriteria sangat baik, dan aspek kelayakan bahasa dengan rata-rata 93,75% pada kriteria sangat baik, (2) Validasi ahli desain pada aspek kegrafikaan dengan rata-rata 90,00% pada kriteria sangat baik, (3) Respon guru dengan rata-rata 86,67% pada kriteria baik, (4) Uji coba perorangan dengan rata-rata 85,04% pada kriteria baik, (5) Uji coba kelompok kecil dengan rata-rata 86,26% pada kriteria baik, (6) Uji coba lapangan terbatas dengan rata-rata 94,85% pada kriteria sangat baik. Selisih yang diperoleh sebesar 10,72% dari sebelum ke sesudah menggunakan modul. Hal ini membuktikan bahwa bahan ajar menulis teks eksposisi yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran berbasis kontekstual. Implikasi dari penelitian ini adalah memberikan sumbangan praktis terutama dalam pelaksanaan pembelajaran bagi guru sebagai bahan ajar tambahan dan sebagai sarana yang membantu dan memudahkan siswa dalam memahami teks eksposisi sehingga dapat diaplikasikan pada kehidupan masing-masing.