Daftar Isi:
  • Penelitian ini mengkaji kesulitan siswa untuk mengungkapkan pengalaman dan gagasan dalam bentuk cerita pendek (cerpen) dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran interaktif pada menulis cerpen berbasis pengalaman oleh siswa kelas IX SMP Amanah Islamic Modern, mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran interaktif pada menulis cerpen berbasis pengalaman oleh siswa kelas IX SMP Amanah Islamic Modern dan efektivitas produk hasil pengembangan berupa media pembelajaran interaktif pada materi menulis cerpen berbasis pengalaman oleh siswa kelas IX SMP Amanah Islamic Modern School Medan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Hasil menunjukkan bahwa : 1) Hasil pengembangan media interaktif menggunakan metode penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D) dengan model DDD-E (Dicide, Design, Develop, Evaluate) dan media pembelajaran yang dihasilkan dalam bentuk CD pembelajaran interaktif. 2) Produk yang dikembangkan telah layak digunakan setelah melalui tahapan revisi dari validator ahli materi, validator ahli desain, dan tanggapan guru terhadap produk. Adapun bagian yang direvisi meliputi kelayakan isi, kelayakan penyajian dan kelayakan bahasa. Berdasarkan hasil revisian terhadap produk yang dikembangkan maka penilaian kelayakan isi memiliki kriteria sangat baik dengan persentase 81% . Penilaian kelayakan penyajian memiliki kriteria sangat baik dengan persentase 90%. Penilaian kelayakan bahasa memiliki kriteria sangat baik dengan persentase 87%. Hasil validasi ahli desain memiliki kriteria sangat baik dengan persentase 87%. Penilaian tanggapan guru terhadap produk memiliki kriteria sangat baik dengan persentase 86%. Penilaian tanggapan siswa terhadap produk pada uji coba perorangan memiliki kriteria sangat baik dengan persentase 85.56%, uji coba kelompok kecil dengan kriteria sangat baik dengan persentase 88.89%, dan uji coba kelompok lapangan terbatas dengan kriteria sangat baik dengan rata-rata 90.88%. 3) Efektivitas produk diperoleh melalui hasil belajar siswa dengan persentase posttest 80% lebih tinggi dibandingkan dengan persentase pretest sebesar 69,37%. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif hasil pengembangan telah layak dan efektif digunakan oleh siswa kelas IX SMP Amanah Islamic Modern School Medan pada pembelajaran menulis teks cerpen berbasis pengalaman. Implikasi media pembelajaran interaktif pada materi menulis cerpen berbasis pengalaman adalah media ini akan memberikan kemudahan bagi guru untuk menyampaikan materi pelajaran, serta memberi kemudahan bagi sisws dalam menerima dan menerapkan materi pelajaran yang diberikan.