Pengembangan Buku Penuntun Praktikum Kimia Dasar Inovatif Sesuai dengan Kurikulum KKNI
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan produk buku penuntun praktikum kimia dasar inovatif untuk program studi agroteknologi sesuai kurikulum KKNI. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan mengacu pada model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Buku penuntun praktikum disusun mengikuti langkah model pembelajaran berbasis Problem Based Learning. Lokasi penelitian di Laboratorium Kimia, Fakultas Pertanian, Program Studi Agroteknologi, Universitas Medan Area. Buku penuntun praktikum dikembangkan berdasarkan Standar kelayakan BSNP yang menetapkan 4 aspek kelayakan buku yaitu, kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan bahasa dan kelayakan kegrafikan. Hasil penelitian diperoleh bahwa validasi buku penuntun praktikum kimia dasar yang telah dikembangkan secara umum menunjukkan rata-rata nilai sebesar 3.90 artinya sangat valid serta tidak perlu direvisi dan sudah sangat layak untuk digunakan. Hasil uji coba buku penuntun praktikum yang dikembangkan diperoleh hasil belajar praktikan dengan rata-rata N-gain sebesar 0,75 yang dikategorikan tinggi. Hasil keterampilan praktikan rata-rata nilai kelas sebesar 93,52 yang dikategorikan sangat baik. Hasil penilaian buku penuntun praktikum yang dilakukan oleh praktikan setelah menggunakan buku penuntun praktikum kimia yang telah dikembangkan memiliki persentase 88,10% dengan kategori sangat baik. Hasil respon mahasiswa terhadap kegiatan praktikum menggunakan buku penuntun kimia dasar yang telah dikembangkan memiliki persentase 88,33% yang dikategorikan sangat baik.