Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model problem based learning (PBL) dengan metode penyelesaian soal secara sistematis (PS3) terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XII SMA pada materi sifat koligatif larutan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Taman Siswa Lubuk Pakam. Sampel dalam penelitian ini diambil secara sampling purposive. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari instrument tes berupa soal essay untuk mengetahui hasil belajar dan instrument non-test berupa lembar observasi untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa. Teknik analisis data menggunakan uji-t dan uji korelasi dengan program SPSS 21 For Windows pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan menggunakan Problem Based Learning (PBL) dengan Metode Penyelesaian Soal Secara Sistematis (PS3) lebih efektif dibandingkan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan menggunakan Problem Based Learning (PBL) tanpa Metode Penyelesaian Soal Secara Sistematis (PS3); (2) Keterampilan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan menggunakan PBL dengan metode PS3 lebih efektif dibandingkan keterampilan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan menggunakan PBL tanpa metode PS3; (3) Ada korelasi positif antara hasil belajar dengan kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan menggunakan PBL dengan Metode PS3; dan (4) Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal dengan menerapkan PS3 memiliki kriteria: kemampuan menganalisa soal sebesar 94,00% kategori sangat tinggi, kemampuan membuat rencana penyelesaian soal sebesar 78,89% kategori tinggi, kemampuan menyelesaikan soal sebesar 61,67% kategori sedang, dan kemampuan menginterpretasi (memeriksa) kembali sebesar 62,33% kategori sedang.