Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model project based learning dan discovery learning terhadap hasil belajar IPA biologi, keterampilan proses sains dan sikap ilmiah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bangun purba pada materi pokok sistem pencernaan. Penelitian quasi eksperimen ini menggunakan pretes-postes control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP negeri 1 Bangun purba tahun pembelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 8 kelas. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling yaitu kelas eksperimen 1 menggunakan model pembelajaran project based learning, kelas eksperimen 2 menggunakan model pembelajaran discovery learning dan kelas eksperimen 3 menggunakan model pembelajaran konvensional. Total sampel adalah 99 orang siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes dan angket sikap ilmiah. Hasil belajar, keterampilan proses sains dan sikap ilmiah dianalisis dengan teknik analisis kovariat (Anacova) dan uji lanjut Tukey’s dengan taraf signifikan α = 0,05. Hasil Anacova menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan kelas yang dibelajarkan dengan model project based learning, discovery learning dan konvensional terhadap hasil belajar IPA biologi (F = 20,227 ; P = 0,000), terhadap keterampilan poses sains ( F = 6,04 ; P = 0,016) dan terhadap sikap ilmiah ( F = 27,280 ; P = 0,000). Nilai rata-rata postes hasil belajar IPA biologi, keterampilan proses sains dan sikap ilmiah siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran project based learning lebih baik/tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran discovery learning dan konvensional.