PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS MEDIA BONEKA PADA SUB TEMA HEBATNYA CITA-CITAKU DI KELAS IV SDN 104258 PEMATANG BIARA T.P 2018/2019
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan model pembelajaran tematis berbasis media boneka pada subtema Hebatnya Cita-Citaku. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D). Model penelitian yang digunakan adalah model prototipe yang telah dikembangkan Nieveen yang terdiri dari penelitian pendahuluan, tahap prototyping, dan tahap penilaian. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 104258 Pematang Biara yang berjumlah 37 orang dan objek penelitian adalah model pembelajaran tematik berbasis media. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, observasi, angket siswa dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran yang dikembangkan sudah valid untuk digunakan. (2) model pembelajaran yang dikembangkan dinilai efektif dilihat dari hasil belajar siswa secara klasikal. (3) adanya peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa setelah tes diberikan pada uji coba I sebesar 78,81% dan uji coba II sebesar 90,49% sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran tematik yang dikembangkan dinyatakan layak dan efektif. Selanjutnya disarankan agar guru dapat menggunakan model pembelajaran tematik berbasis media boneka sebagai alternatif model pembelajaran tematik di kelas.