Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh penggunaan metode pembelajaran inklusi dan penemuan terpimpin, dikaitkan dengan persepsi kinestetik, terhadap hasil belajar lay up Bola basket, bagi siswa putra kelas VIII MTsN 2 Medan, Medan Estate. Penelitian ini dilaksankan di MTsN 2 Medan Estate. Waktu penelitian pada bulan September hingga Oktober 2018. Perlakuan dilaksanakan selama dua minggu. Jumlah pertemuan keseluruhan adalah 4 kali pertemuan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen lapangan. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah faktorial 2 x 2, Tes yang digunakan berupa tes persepsi kinestetik untuk variabel bebas. Sedangkan untuk variabel terikat berupa tes keterampilan lay up Bola basket. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Analisis Varians (ANAVA) dua jalan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Rata-rata populasi, keterampilan lay up Bola basket siswa yang disajikan dengan menggunakan metode pembelajaran inklusi A1 (2) Rata-rata populasi, keterampilan lay up Bola basket siswa yang disajikan dengan menggunakan metode pembelajaran penemuan terpimpin  A2 (3) Rata-rata populasi, keterampilan lay up Bola basket siswa yang memiliki persepsi kinestetik tinggi, disajikan dengan menggunakan metode pembelajaran inklusi A1B1 (4) Rata-rata populasi, keterampilan lay up Bola basket siswa yang memiliki persepsi kinestetik tinggi, disajikan dengan menggunakan metode pembelajaran penemuan terpimpin A2B1 (5) Rata-rata populasi, keterampilan lay up Bola basket siswa yang memiliki persepsi kinestetik rendah, disajikan dengan menggunakan metode pembelajaran inklusi  A1B2 (6) Rata-rata populasi, keterampilan lay up Bola basket siswa yang memiliki persepsi kinestetik rendah, disajikan dengan menggunakan metode pembelajaran penemuan terpimpin A2B2 (7) Metode pembelajaran A (8) Persepsi kinestetik B.