PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI MTs SINAR ISLAMI BINGAI
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan dan keefektivan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan saintifik yang telah dikembangkan.dan Menghasilkan produk pengembangan perangkat pembelajaran yang valid berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa di MTs Sinar Islami Bingai. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari empat tahap yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Subjek Penelitian adalah Perangkat pembelajaran pokok bahasan persamaan dan pertidaksamaan liniersatu variabel. Uji coba dilakukan pada siswa kelas VII MTs Sinar Islami Bingai. Uji coba I di kelas VII-2 dan uji coba II di kelas VII-1 MTs Sinar Islami Bingai. Dari hasil pengembangan ini diperoleh: (1) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid, (2) perangkat pembelajaran yang dikembangkan praktis dilihat dari respon para ahli yang menyatakan perangkat pembelajaran dapat digunakan dengan sedikit revisi atau tanpa revisi (3) perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif, dilihat dari ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai, respon siswa positif terhadap komponen-komponen perangkat pembelajaran dan kegiatan pembelajaran yang dikembangkan,; dan kemampuan guru mengelola pembelajaran memperoleh nilai rata-rata yang berada pada kategori baik. Peningkatan kemandirian belajar siswa mencapai rata-rata sebesar 79,09 pada uji coba I dan meningkat menjadi 82,35 pada uji coba II